Adakah Absen Karyawan yang Lebih Baik Dari Fingerprint?

Memiliki karyawan yang disiplin tentu menjadi aset berharga bagi perusahaan. Kedisiplinan seorang karyawan dapat dinilai dari beberapa aspek seperti ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, pekerjaan terselesaikan sesuai dengan ketetapan standar yang ada, hingga ketepatan waktu dalam absensi. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengukur ketepatan waktu absensi, baik menggunakan mesin fingerprint ataupun absensi online.

absen karyawan
(Foto: pixabay)

Seperti yang kita ketahui, fingerprint menjadi cara yang cukup populer karena  berbasis pada data unik pada sidik jari yang dinilai lebih reliable. Untuk menggunakan cara ini, perusahaan harus memiliki mesin fingerprint. Sayangnya, penggunaan fingerprint ini tidak terlalu dapat diandalkan untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan bekerja di lapangan. Karena tentu akan sangat merepotkan bila karyawan yang bekerja di lapangan diharuskan melakukan absensi di kantor terlebih dahulu sebelum berangkat ke lapangan, sangat membuang waktu, bukan?

Sehingga diperlukan cara lain yang lebih baik dibandingkan fingerprint seperti penggunaan aplikasi absensi online. Dilihat dari teknis, dengan menggunakan aplikasi karyawan dapat melakukan absensi saat tiba di tempat kerja yang telah ditentukan perusahaan cukup dengan melapor melalui aplikasi tersebut. Sebagai konfirmasi, karyawan dapat mengirimkan foto terbaru pada pihak perusahaan. Ada begitu banyak manfaat dari aplikasi absensi karyawan ini, seperti:

Mengurangi Biaya Pengadaan Mesin Fingerprint

Dengan menggunakan aplikasi absen android , perusahaan dapat menghemat anggaran pengadaan mesin fingerprint yang dibutuhkan. Bila perusahaan memiliki karyawan yang bekerja di banyak tempat yang berbeda, adanya pengadaan mesin fingerprint tentu akan menghabiskan banyak dana. Ditambah lagi dengan perawatan berkala yang mungkin dibutuhkan oleh mesin fingerprint. Dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan secara online yang hanya membutuhkan gadget dan koneksi internet, perusahaan tentu dapat mengurangi anggaran dana yang dikeluarkan.

Mengurangi Kemungkinan Kecurangan

Memang benar bila penggunaan fingerprint memberikan data yang valid. Data yang tersimpan dalam mesin atau server yang dapat di rekap dengan mudah. Namun masih rawan untuk dimanipulasi. Berbeda dengan metode online, data absensi disampaikan, dilaporkan, dan diolah secara real time oleh administrator yang bertugas. Data yang masuk dikonfirmasi dan diarsipkan oleh staf. Verifikasinya jauh lebih valid karena aplikasi absen karyawan secara online membutuhkan smartphone setiap karyawan.

Hemat Waktu Absen Membuat Produktivitas Meningkat

Penggunaan aplikasi absen android secara online ini dapat menghemat waktu karena karyawan yang bekerja di lapangan tidak perlu lagi diharuskan datang ke kantor sebelum ke lapangan. Waktu yang tersisa dapat digunakan secara optimal untuk meningkatkan produktivitas.  

Jangan tunda lagi, gunakan kelebihan dari Aplikasi Absensi Karyawan secara Online untuk mendukung produktivitas perusahaan. Jauh lebih baik dari Fingerprint, bukan? Aplikasi Absensi Karyawan secara Online membantu perusahaan untuk lebih efektif, efisien, dan menghemat waktu. Gunakan aplikasi absensi karyawan pada software HR dari LinvoHR yang sudah terjamin kualitasnya, coba GRATIS sekarang juga melalui Link berikut ini -> https://www.linovhr.com/time-modul/