Jangka Sorong – Pengertian, Latar Belakang, dan Kelebihaannya

Jangka Sorong – Untuk mengukur panjang suatu objek, kita dapat menggunakan berbagai alat ukur panjang, termasuk penggaris, rollmeter, pengukur, dan skrup mikrometer. Setiap kaliber panjang memiliki ketelitian yang berbeda. Semakin lengkap perangkat ini, pengukuran akan mendekati ukuran sebenarnya.

Latar Belakang Jangka Sorong

Saat mengukur panjang suatu benda, selain memperhatikan keakuratan alat ukur, Anda juga harus memperhatikan jenis dan jenis benda yang akan diukur. Jika objek yang akan diukur memiliki bentuk yang sangat besar, maka pengukurannya tidak diperlakukan dengan sangat presisi. Misalnya, untuk mengukur meja, mengukur ruangan, mengukur bahan tekstil, maka alat ukur yang digunakan adalah penggaris atau roller meter.

Tetapi jika benda yang diukur membutuhkan ketelitian yang tinggi, terutama dalam percobaan fisika, alat ukur yang digunakan adalah alat ukur dengan ketelitian tinggi yang memiliki skala terkecil yang sangat kecil. Contoh pengukuran diameter bola, diameter balok, pengukuran diameter luar tabung, diameter tabung, kedalaman pengukuran, dapat menggunakan mikrometer ulir dan untuk dua kapasitas terakhir dapat dilakukan secara khusus dengan mengukur perangkat pengukur.

jangka sorong
gambar jangka sorong

Kalibrator memiliki skala terkecil, yaitu 0,1 mm, yang berarti bahwa nilai antara dua bekas luka yang berdekatan adalah 0,1 mm. Jadi dapat dikatakan bahwa kalibrator dapat mengukur panjang suatu objek dengan akurasi hingga 0,1 mm. Laporan hasil pengukuran dinyatakan sebagai x = xx, di mana x adalah nilai perkiraan dengan nilai kebenaran x0, sedangkan x adalah ketidakpastian absolut.

Dalam pengukuran tunggal, pengganti x0 adalah nilai pengukuran itu sendiri, sedangkan ketidakpastian absolut adalah, x = skala terkecil dari instrumen. Selain memiliki skala terkecil 0,1 mm, istilah sorong memiliki bentuk yang unik yang terdiri dari rahang untuk mengukur diameter luar suatu benda (rahang tetap dan rahang bawah), rahang untuk mengukur diameter bagian dalam benda (rahang tetap) dan rahang atas). kedalaman pengukuran lidah, skala utama (dalam cm), skala utama (dalam inci), skala nonius (dalam mm), skala nonius (dalam inci) dan kunci awal.

Dalam dokumen ini kita akan menganalisis alat pengukuran panjang, khususnya istilah sorong secara rinci, termasuk jenis istilah sorong, fungsi jangkasorong, prinsip operasi kalibrator, pembacaan kalibrasi, prosedur penggunaan dan cara membaca hasil pengukuran.

Perumusan Jangka Sorong

Rumusan masalah yang digunakan dalam dokumen untuk alat ukur panjang istilah sorong adalah sebagai berikut:

Apa kalibrator itu?
Apa bentuk pengukur dan bagian-bagiannya?
Apa sajakah jenis kalibrator?
Apa prinsip kerja kalibrator?
Bagaimana dengan kalibrasi para kalibrator?
Bagaimana prosedur pengukuran caliper?
Bagaimana Anda membaca hasil pengukuran kalibrator?
Untuk apa pinset?
Bagaimana Anda membaca kalibrator?

Pengertian Jangka Sorong Menurut Ahli

Jangka Sorong adalah alat ukur panjang yang dapat digunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan akurasi hingga 0,1 mm. Alat ukur ini juga digunakan untuk mengukur panjang maksimum objek 20 cm. Keuntungan menggunakan kalibrator adalah dapat digunakan untuk mengukur diameter marmer, diameter tabung atau cincin, atau dalam tabung.

Kegunaan Jangka Sorong

  • untuk mengukur objek dari luar mengapitnya.
  • untuk mengukur sisi suatu benda yang biasanya berbentuk lubang (dalam satu pipa atau lainnya) dengan merentangkannya.
  • untuk mengukur kedalaman lubang pada suatu objek dengan “menghubungkan” bagian pengukuran. Bagian pengukuran tidak terlihat dalam gambar karena berada di sisi dukungan.
  • Untuk mengukur ketebalan suatu benda.
  • Untuk mengukur diameter luar suatu benda.
  • Untuk mengukur diameter suatu benda.
  • Untuk mengukur kedalaman suatu objek.
  • Istilah push memiliki dua jenis skala: skala utama dan tidak universal.

Kelebihaan Jangka Sorong

  • Ini memiliki presisi akurasi yang cukup baik secara umum, akurasi rentang bacaan 0,05-0,01 mm.
  • Anda dapat mengukur diameter luar dengan menjepit.
  • Itu dapat mengukur diameter sisi dalam dengan meregangkan.
  • Anda bisa mengukur kedalamannya.
  • Harga murah dan terjangkau.

Itulah pembahasan lengkap tentang jangka sorong, semoga bermanfaat

Daftar pustaka : https://rumus.co.id/jangka-sorong/