3 Alat Pernapasan Pada Manusia Lengkap dengan Gambar

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Pada tumbuhan, kegiatan bernapas tidak tampak dengan jelas. Akan tetapi, kegiatan bernapas pada manusia atau hewan lebih mudah untuk diamati. Amatilah seperti ikan ketika bernapas gerak membuika menutup penutup insang dibagian kepala ikan, dan manusia pun bernapas dilihat dari gerakan dada mengembang dan mengempis.

Berikut ini alat pernapasan manusia secara urut lengkap dengan gambar dan fungsi – fungsinya dari masing-masing. organ pernapasan pada manusia yang dibahas disini yakni ada 3 mekanisme pernapasan pada manusia. Apa saja, berikut ini penjelasan lengkapnya :

ALAT PERNAPASAN MANUSIA

Udara masuk dan keluar tubuh manusia melalui saluran pernapasan yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Udara disekitar kita terdiri dari berbagai gas, seperti oksigen, karbondioksida, nitrogen, dll. Udara masuk melalui hidung, menuju tenggorokan, dan akhirnya masuk ke paru-paru dan dibawa oleh darah keseluruh tubuh. Sebaliknya, karbondioksida dari seluruh tubuh dibawa ke paru-paru menuju tenggorokan, kemudian dikeluarkan melalui hidung.

  1. Hidung

alat pernapasan manusia dengan hidung

Hidung diamati dari luar terdiri dari batang hidung dan dua lubang (rongga) hidung. Hidung bagian dalam dilapisi oleh selaput mukosa. Permukaan selaput mukosa menghasilkan lendir yang berfungsi untuk melembapkan dan menghangatkan udara dari luar sebelum masuk ke paru-paru. Dipermukaan mukosa terdapat rambut-rambut yang berfungsi menyaring debu atau kotoran dalam udara yang masuk ke rongga hidung.

  1. Tenggorokan atau Trakea

alat pernapasan manusia dengan thankrea

Trakea (batang tenggorokan) merupakan pipa yang panjangnya kira-kira 9 cm. Trakea tersusun atas enam belas sampai dua puluh cincin-cincin tulang rawan yang berbentuk C. Cincin-cincin tulang rawan ini di bagian belakangnya tidak tersambung yaitu di tempat trakea menempel pada esofagus.

Hal ini berguna untuk mempertahankan agar trakea tetap terbuka.Cincin-cincin tulang rawan diikat bersama oleh jaringan fibrosa, selain itu juga terdapat beberapa jaringan otot.

Trakea dilapisi oleh selaput lendir yang dihasilkan oleh epitelium bersilia. Silia-silia ini bergerak ke atas ke arah laring sehingga dengan gerakan ini debu dan butir-butir halus lainnya yang ikut masuk saat menghirup napas dapat dikeluarkan. Di paru-paru trakea ini bercabang dua membentuk bronkus.

  1. Paru-paru

alat pernapasan manusia dengan paru paru

Paru-paru manusia ada sepasang, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan(respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara.

Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Dalam keadaan normal, paru-paru dapat mengembang dan mengempis sebanyak 12-20 kali permenit. Kecepatan bernapas dipengaruhi oleh umur, suhu tubuh, posisi tubuh, dan aktivitas tubuh.

PROSES PERNAPASAN MANUSIA

Untuk memahami proses pernapasan manusia, lakukanlah kegiatan ini. Letakkan tanganmu ditulang rusuk bagian bawah. Tarik napas. Kemudian, tahan sebentar. Perubahan apakah yang kamu rasakan dirongga dadamu?

Selanjutnya, hembuskanlah napasmu. Aapakah yang kamu rasakan? Ketika menghirup udara, rongga dada terasa mengembang. Ketika kamu menghembuskan udara, rongga dada terasa mengempis.

Perubahan rongga dada ini melibatkan perubahan posisi diafragma, tulang rusuk, dan paru-paru. Proses pernapasan terjadi jika adanya perubahan di rongga dada.

Baca Juga :
Manfaat Energi Bagi Manusia
Definisi Asuransi Kesehatan
Definisi Sistem Menurut Para Ahli

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *