3 Tips Agar Nilai Jual Emas Anda Tetap Tinggi

Ada saatnya kita membutuhkan uang cash untuk digunakan keperluan mendadak dan salah satunya jalan yakni dengan menjual emas yang anda miliki. Tentu semua orang menginginkan agar emas yang di jual dapat dihargai tinggi, bahkan ingin lebih dari harga saat anda membelinya. Namun jika anda memang terdesak, harga yang lebih rendah pun akan anda terima asalkan tidak terlalu jatuh harganya.

Oleh karenanya, toko-toko emas yang beroperasi di dalam industri yang sendiri/mandiri, sehingga sangat penting untuk pelanggan memahami bagaimana transaksi bekerja. Berikut 3 tips untuk anda yang tertarik dalam menjual emas -nya kembali agar tidak terlalu rugi :

1. Harus Teliti Saat Membeli

Jika anda ingin suatu saat emas yang akan di jual harganya tidak jatuh terlalu jauh dari harga beli, maka anda harus sangat teliti disaat membeli. Sejak pertama harus teliti dimaksudkan agar tidak kecewa di saat anda akan menjualnya kembali.

Surat atau sertifikat resmi dari pencetak logam mulia emas wajib ada dan wajib disimpan. Sertifikat ini yang nantinya akan menjadi acuan dan jaminan saat menjualnya lagi.

Kalau di Indonesia, umumnya yang disukai yakni logam mulia yang sertifikat Antam, karena diterima di banyak toko emas, pegadaian ataupun bank-bank. Untuk emas yang berbentuk perhiasan jarang ada sertifikat, anda harus usahakan mendapat surat atau kuatansi dari toko.

emas

2. Dapatkan Nilai Emas

Kalau bisa anda dapatkan penilai emas independen, terutama jika emas yang anda kan jual dalam jumlah yang banyak.

Datangi kantor-kantor atau jasa penilai aset yang resmi dan bersertifikat. Atau kalau terlalu sulit ya datang saja ke toko emas terdekat untuk mengetahui kadar emas yang miliki mungkin dengan sedikit membayar jasanya saja. ‘

Beberapa perhiasan ataupun koin emas akan bernilai lebih jika dijual sebagai dirinya sendiri, daripada jika dilebur kembali.

Misal emas-emas yang di desain langka atau berasal dari seorang desainer terkenal, atau koin-koin emas koleksi anda. Berhati-hatilah terhadap penjualan koin emas karena mungkin dapat dijual lebih mahal kepada para kolektor.

3. Harus Tahu Karat Emas

Pahami bahwa kualitas emas sangat bervariasi dapat ditentukan dari nilai Karat. Yang tidak murni yakni 14 atau 18 karat, sedangkan yang murni adalah 24 karat.

Biasanya karat tertera pada sertifikat atau surat saat anda membelinya. Setiap kadar karat tentunya memiliki harga yang berbeda.

Bahkan untuk karat yang sama, dari logam mulia keluaran Antam contohnya, tahun berapa seri cetak yang berbeda bisa memiliki nilai jual yang berbeda pula. Sehingga agar anda tidak tertipu, kita harus tahu Karat emas yang akan kita jual kembali.

Demikian beberapa tips agar nilai jual emas anda tetap tinggi, semoga bermanfaat