Pengertian, Macam-Macam dan Manfaat Energi Bagi Manusia Serta Kehidupan

Pengertian, Macam-Macam dan Manfaat Energi Bagi Manusia Serta Kehidupan – Jangan sampai tubuh mu kehilangan energi banyak!” ungkapan ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.  Melihat pernyataan ini sekilas tampak bahwa pernyataan tersebut pengertian energi hanya dimaknai sebagai  tenaga atau kekuatan pada tubuh manusia saja. Secara umum arti energi dapat dimaknai sebagai kekuatan dan kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu usaha, untuk itu dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh manusia tentunya sangat membutuhkan sebuah energi.
Selain pengertianenergi secara umum di atas, sebenarnya banyak pengertian energi  lainnya dikemukankan oleh tokoh maupun para ahli. Untuk itu pada kesempatan ini kita akan lebih mendalami apa sebenarnya pengertian energi, macam-macam energi dan apa manfaat energi bagi kehidupan manusia.


Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Secara etimologi kata energi berasal dari bahasa Yunani yakni ‘energia’ (kegiatan atau aktivitas) yang terdiri dua suku kata yakni en (dalam) dan ergon (kerja). Namun, seiring perkembangan disiplin ilmu pengetahuan kemudian banyak para ahli memberikan pengertiannya masing-masing diantaranya adalah :
  • Sumantoro, mengatakan bahwa energi merupakan kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong / memindahkan sebuah benda atau objek.
  • Arif Alfatah dan Muji Lestari, mereka menerangkan bahwa energi merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan oleh tubuh manusia supaya dapat melakukan suatu pekerjaan bisnis, karena pada kenyataannya, usaha yang dilakukan selalu nampak perubahan.
  • Campbell, Reece, dan Mitchell, menurut mereka energi ialah sebuah kemampuan untuk mengatur ulang materi. Dengan kata lain mereka mengartika energi sebagai kemampuan atau kapasitas untuk melakukan sebuah pekerjaan.
  • Michael J. Moran, energi merupakan konsep dasar dari sebuah termodinamika yang merupakan aspek penting dari sebuah analisis teknis.
  • Robert L. Wolke, mengartikan energi sebagai kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.
  •  Einstein, beliau mengatakan energi adalah sebuah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya.
  • Alvin Hadivvono, dikatakannya bahwa energi ialah sesuatu yang bergerak, dan juga mempunyai hubungan dengan ruang & waktu.

Melihat Pengertian – pengertian energi di atas,  rata-rata energy diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menggerakan sesuatu hal . Namun, yang menarik adalah ternyata berdasarkan pengertian ini suatu hal yang digerakkan oleh energi ternyata tidak sebatas dari pekerjaan atau aktivitas yang di lakukan manusia saja. Misalnya, Einstein memandang energi adalah kemampuan dalam hal yang berhungan dengan kecepatan dan cahaya.
Selain itu, Alvin Hadivvono memandang bahwa energi  behungan dengan ruang dan waktu, hal ini berarti walaupun energy secara umum berarti kemampuan namun objek yang digerakan dan dipengaruhinya ternyata bermacam-macam. Adanya perbedaan mengenai objek yang dipengaruhi oleh energi inilah yang kemudian menjadikan bentuk energi
tersebut bermacam-macam pula bentuknya, sesuai dengan objek yang akan dipengaruhinya. Nah apa saja macam-macam bentuk energi ?  Simak ulasannya berikut.


Macam – Macam Bentuk Energi dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Walaupun objek yang digerakkan oleh energi tidak sebatas pada tubuh atau aktivitas langsung seseorang, namun sebenarnya  macam-macam energi ini adalah tetap berhubungan dengan kehidupan manusia. Adapun macam-macam bentuk energi yaitu:
  •  Energi Otot, energi otot merupakan energi yang berasal dari tubuh manusia. Organ-organ tubuh manusia yang bergerak memerlukan energy. Misal, ketika manusia akan mengangkat benda berat, maka energy otot pada manusialah yang bekerja dan membuat benda berat tersebut terangkat.
  •  Energi Cahaya, Energi dari sebuah cahaya sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya pada kehidupan ini. Selain dapat berpengaruh langsung pada tubuh manusia, energy cahaya juga secara tidak langsung memberikan menfaat pada manusia melalui makhluk hidup lainnya. Missal, energy cahaya membantu terjadinya  proses fotosintesis pada tumbuhan yang menghasilkan zat hijau daun yang kemudian dikonsumsi manusia hingga kemudian menghasilkan energy  pada manusia itu sendiri.
  • Energi Kinetik, Energi kinetik merupakan energi yang dihasilkan oleh sebuah benda ataupun objek yang bergerak. contohnya adalah baling-baling kipas, sebuah mobil yang bergerak yang menghasilkan hembusan angin ataupun bola yang ditendang yang dapat memecahkan kaca.
  • Energi Bunyi,  Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan oleh getaran atau gesekan sebuah benda. Seperti contoh senar gitar yang dipetik, gendang yang dipukul. Terjadinya sebuah bunyi yang dihasilkan membuat kita mendengarkan sesuatu yang menggetarkan gendang telinga kita, dan apabila bunyi yang dihasilkan sangat keras seperti suara halilintar itu mampu menghancurkan sebuah kaca.
  • Energi Kalor, Energi Kalor atau energi panas ini bisa terjadi atau bisa dihasilkan dari energi listrik. Contohnya pada setrika listri dan Solder listrik. Sedangkan pada tubuh manusia energy kalor didapatkan dari makanan dan proses pencernaan makanan pada tubuh manusia itu sendiri.
  • Energi Listrik , Energi listrik ini timbul jika adanya perpindahan muatan listrik. Listrik adalah salah satu bentuk energi terbesar dan paling banyak digunakan, karena kita selalu membutuhkan listrik setiap harinya. Contohnya untuk menghidupkan lampu, memasak nasi, menyetrika pakaian dll.
  • v  Energi Nuklir,  Adapun energi nuklir biasanya terjadi karena adanya reaksi fusi didalam atom & unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir dapat dimanfaatkan manusia  sebagai sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) ataupun lainnya.
  • Energi Kimia, yaitu energi yang dihasilkan oleh benda melalui proses kimia batu baterai yang mampu menggerakan jam didnding adalah bentuk energy kimia yang dikeluarkan oleh batu batrei tersebut.
  • Energi Potensial, merupakan sebuah energi yang dimiliki oleh benda karena letak atau kedudukan benda tersebut. Gaya gravitasi bumi mempengaruhi setiap benda akan memiliki energy potensial. Contoh, buah-buahan yang tergantung di pohonnya.

Nah, itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai energi. Baik itu seputar pengertian, macam-macam dan manfaat energi bagi kehidupan manusia. Semoga bisa bermanfaat bagi kita untuk lebih memahami bagaimana energi itu sendiri