Thursday, October 1, 2015

Pengertian dan Definisi Risiko Sistematik atau Beta Menurut Ahli

#Risiko Sistematik atau Beta merupakan suatu pengukur volatilitas return suatu sekuritas atau return portfolio terhadap return pasar. Dimana beta sekuritas ke-i mengukur volatilitas return sekuritas ke-i dengan return pasar dan beta portfolio mengukur volatilitas return portfolio dengan return pasar. Oleh karena itu beta adalah sebuah pengukur risiko sistematik dari suatu sekuritas atau portfolio relatif terhadap pasar (Jogiyanto : 1998-193).


#Risiko Sistematik atau Beta merupakan suatu ukuran relatif dari risiko sistematik saham individu dalam hubungannya dengan pasar secara keseluruhan yang diukur dari fluktuasi pendapatan atau return. Selain itu, masing-masing saham memiliki kepekaan yang berbeda terhadap perubahan pasar. dimanasaham dengan koefisien beta sama dengan satu berarti memiliki risiko yang sama dengan risiko rata-rata pasar. Sedangkan Koefisien beta lebih dari satu menunjukkan bahwa saham tersebut sangat peka terhadap perubahan pasar atau memiliki risiko di atas risiko pasar, disebut sebagai saham yang  agresif.  Saham  yang  mempunyai  beta  kurang  dari  satu  disebut  sebagai saham  yang  defensif  artinya  saham  tersebut  kurang  peka  terhadap  perubahan pasar (Jones : 1996-284).


5 KumpulanDefinisi.com: Pengertian dan Definisi Risiko Sistematik atau Beta Menurut Ahli # Risiko Sistematik atau Beta m erupakan suatu pengukur volatilitas return suatu sek u ritas atau return portfolio terhadap return...