Indikator Peningkatan Kemampuan Pegawai

#Indikator peningkatan kemampuan pegawai menurut Alwi dalam Burhan (2005),yaitu :
a.Pendidikan Formal, adalah salah satu cara meningkatkan pengetahuan dan keahlian seseorang yang merupakan bagian dari proses pembelajaran. Pelatihan berkaitan  erat dengan cara membantu seseorang dalam meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap-sikap yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas dalam jabatannya.
b.Penilaian Pekerjaan (Assessment), merupakan sistem pengembangan pegawai melalui pusat penilaian pekerjaan yang melibatkan sejumlah penilai pekerja yang mengidentifikasikan pegawai yang memiliki karakteristik kepribadian, keahlian administratif  atau interpersonal skill yang diperlukan suatu jabatan manajerial.
c.Pengalaman Jabatan, merupakan nilai yang sangat berharga yang dimilki oleh seorang pegawai untuk kepentingan karirnya dimasa yang akan datang. Pengembangan pegawai dengan Pengalaman Pekerjaan ini menggunakan metode job enlargement, rotation, transfer atau melakukan assignment dengan perusahaan lain.
d.Hubungan interpersonal, melalui interaksi dengan anggota organisasi yang lebih berpengalaman misalnya melalui proses mentoring secara informal  sistem melibatkan pegawai senior yang berpengalaman untuk mengembangkan pegawai yang belum berpengalaman sedangkan pendekatan formal yaitu mentor dapat mengakses kesemua pegawai tanpa memandang ras atau gender.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *