Pengertian dan Definisi Perencanaan Strategis Menurut Ahli

#Perencanaan strategis merupakan tulang punggung manajemen strategis,dimana perencanaan strategis lebih berhubungan dengan kegiatan-kegiatan operasional dan lebih condong untuk membahas masalah-masalah strategi daripada masalah-masalah operasional (Burhan : 1994).
#Perencanaan strategis merupakan komponen manajemen strategis yang berguna untuk memperjelas tujuan dan sasaran, memilih berbagai kebijakan, terutama dalam memperoleh dan mengalokasikan sumber daya, serta menciptakan pedoman dalam menerjemahkan kebijakan organisasi (Steiss dalam Salusu : 2004).
#Perencanaan strategis merupakan perencanaan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi dengan fokus pada visi, misi, falsafah, dan strategi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dalam jangka waktu menengah antara 3-5 tahun. (Umar : 2003).
#Perencanaan strategis adalah sebagai instrumen yang menjembatani kesenjangan antara rencana tahunan organisasi dan rencana jangka panjang tradisional (Donnelly : 1984).
#Perencanaan strategis merupakan upaya untuk melaksanakan tiga langkah penting yaitu, Pertama, mengidentifikasi kecenderungan, ancaman, dan peluang, dimana hasilnya mungkin dapat mengubah kecenderungan historis. Kedua, menyempurnakan performance organisasi yang didorong oleh adanya kondisi kompetitif. Ketiga, membandingkan tiap unit kerja dalam organisasi untuk menyusun prioritas pengembangan dengan cara mengalokasikan sumber daya strategik berdasarkan prospek tiap unit kerja (Salusu : 2004).