Pengertian dan Definisi Skripsi Menurut Para Ahli

#Skripsi adalah karangan ilmiah yang memaparkan suatu pokok soal yang cukup penting dalam suatu cabang ilmu sebagai cabang penelitian pustaka dan/atau lapangan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa berdasarkan penugasan akademik dari perguruan tingginya untuk menjadi salah satu syarat kelulusannya sebagai sarjana (The Liang Gie: 1995).
#Skripsi adalah sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang mahasiswa program sarjana dari hasil-hasil penelitiannya atas dasar analisis data primer dan atau analisis data sekunder (Drs. Jarwanto : 1992).
#Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang ditulis dan dipersiapkan pada akhir program studinya sebagai salah satu syarat mendapat gelar dan skripsi ini ditulis oleh mahasiswa program S1 (Nana Sujana: 1988).
#Skripsi adalah karya ilmiah mahasiswa yang disajikan di depan dewan penguji sebagai pelengkap masa akhir perkuliahan (Ensiklopedia Nasional Indonesia: 1991).
#Skripsi adalah bagian  dari  suatu  karangan  faktawi,  jenis  karangan  khususnya mengenai  suatu  topik keilmiahan dan pada umumnya ditujukan pada sidang pembaca yang berkecimpung dalam bidang pengetahuan ilmiah yang bersangkutan (P. Westra : 1991).
#Skripsi adalah tugas penulisan dalam rangka mengakhiri perkuliahan bagi para mahasiswa dan dipakai untuk menunjuk satu subjek yaitu untuk tingkat sarjana. (A.E Fachrudin : 1998).
#Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis sebagai salah satu syarat untuk mencapai tingkat tertentu dan dibuat saat mahasiswa akan menamatkan studinya. (Endry Boeriswati dan Moediasih R. Wijoto : 1991).
#Skripsi adalah karya tulis di tingkat sarjana yang berdasarkan atas penyelidikan bahanbahan bacaan atau observasi lapangan (Suryadi: 1980).
#Skripsi adalah karangan  ilmiah  yang  diwajibkasebagai  bagian dari persyaratan  pendidikan akademis (Poerwadarminta : 1986).
#Skripsi adalah sebuah karangan ilmiah yang diwajibkan untuk mengikuti ujian di perguruan tinggi (Bambang Marhijanto : 1993).
#Skripsi adalah karya ilmiah yang membahas suatu masalah berdasarkan hasil penelitian. Biasanya disusun sebagai salah satu syarat mengikuti ujian sarjana. (Mohamad Ali: 1984).
#Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penelitian ilmiah oleh mahasiswa jenjang program sarjana muda atau sarjana (Ahmad : 1999).