Pengertian dan Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian dan definisi globalisasi menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :

#Globalisasi adalah suatu proses menjadikansesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi olehwilayah (Achmad Suparman : 2002).

#Globalisasi diartikan dan didefinisikan sebagai :   
(1) Internasionalisasi Globalisas diartika sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masingmasing negara tetap mempertahankan identitasnya masingmasing, namun menjadi  semakin   tergantung   satu   sam lain.
(2). Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar negara, misalnya hambatan  tarif  ekspor  impor,  lalu  lintas  devisa, maupun migrasi.
(3) Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.
(4) Westernisasi: Westernisasiadalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal. (5) Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas (Scholte :2005).

#Globalisasi adalah  suatu keadaan terjadinya  ketergantungan  antar  bangsa  dan antar manusia di seluruh dunia, di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batasnegara dari berbagai aspek kebutuhan.