Macam-macam Pengertian dan Definisi Persepsi Menurut Para Ahli

#Persepsi adalah   proses kategorisasi organisme untuk masukan  tertentu objek-objek di luar, peristiwa dan organisme itu berespon dengan menghubungkan masukan  itu  dengan salah satu  kategori (golongan) objek-objek atau  peristiwa. Yang mana  proses  menghubungkan  ini  adalah  proses  aktif  dimana  individu yang bersangkutan  dengan sengaja  mencari kategorisasi  yang  tepat,  sehingga ia dapat mengenali  atau  memberi  arti  kepada masukan  tersebut.  Dengan  demikian persepsi juga bersifat inferensial/mengambil kesimpulan (Sarlito W. Sarwono  dalam Mochamad J. : 2004).

#Persepsi adalah proses internal yang memungkinkan seseorang memilih, mengorganisasian, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan seseorang,dan proses tersebut mempengaruhi prilaku orang tersebut, oleh karena itu persepsi merupakan inti komunikasi, karena jikapersepsi seseorang tidak akurat, tidak mungkin orang tersebut dapat berkomunikasi dengan efektif pula(Mulyana : 2005).
#Persepsi (pengamatan)  ialah suatu replika dari benda di luar  manusia yanintrapsikis, dibentuk berdasarkan ransanganransangandari objek. Pareek memberikan definisi yang lebih luas yakni, didefinisian sebagai proses menerima, menyeleksi, mengorganisasikan, mengartikan, menguji, dan memberikan reaksikepada rangsangan pancaindra atau data. ( Verbeek dalam Sobur : 2003).
#Persepsi adalah kemampuan membedabedakan, mengelompokkan, memfokuskan perhatian terhadap suatu objek rangsangan dalam proses pengelompokan, dan membedakan inipersepsi melibatkan proses interprestasi berdasarkan  pengalamaterhadap  satu  peristiwa  atau  objek.  proses pengelmpokan, membedakan, dan mengorganisir informasi pada dasarnya dapat terjadi pada tingkatan sensai, hanya saja tidak terjadi interpretasi atau pemberian artiterhadap stimulus (Shaleh : 2009).
#Persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa, atauhubunganhubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi ialah pemberian makna kepada stimulus indrawi (sensor stimuli), dimana walaupun begitu menafsirkan makna informasi indrawi tidak hanya  melibatkan  sensasi,  tetapi  juga  atensi,  ekspektasi  motivasi,  dan  juga memori (Desiderato dalam Rakhmat : 2005).

#Persepsi adalainterpretasi bermakna atas sensasi sebagai representative objek eksternalselain itu persepsi juga merupakan pengetahuan yang tampak mengenai apa yang diluar sana. (J. Cohen  dalam Riswandi : 2009).

#Persepsi adalah pengamatan  tentang  objek-objek,  peristiwa  atau  hubungan-hubungan  yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi ialah memberikan makna pada stimulus indrawi/sensory stimuli (Desiderato dalam Muchtar : 2007).

#Persepsi merupakan sebuah proses yang aktif dari manusia dalam memilah, mengelompokkan, serta memberikan makna pada informasi yang diterimanya oleh sesorang pelanggan/costumer atau penerima pelayanan publik terhadap keadaan yang sebenarnya akan pelayanan yang mereka terima.