Pengertian dan Definisi Motivasi Menurut Para Ahli

Pengertian dan definisi motivasi menurut para ahli adalah banyak dan beragam, berikut beberapa pengertian dan definisi motivasi menurut para ahli :

#Motivasi merupakan suatu pemberian motif, penimbulan motif atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. Motivasi dapat pula diartikan faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu (M. Manullang dalam Ludjinguru : 2002).

#Motivasi sebagai proses yang menyebabkan intensitas (intensity), arah (Direction), dan usaha terus menerus (presistence) individu menuju pencapaian tujuan . Intensitas menunjukan seberapa keras seseorang berusaha. Tetapi intensitas tinggi tidak mungkin mengarah pada hasil kinerja yang baik, kecuali usaha dilakukan dalam arah yang menguntungkan organisasi. Karenanya harus dipertimbangkan kualitas usaha maupun intensitasnya.  Motivasi mempunyai dimensi usaha terus menerus. Motivasi merupakan ukuran berapa lama seseorang dapat menjaga usaha mereka. Individu yang termotivasi akan menjalankan tugas cukup lama untuk mencapai tujuan mereka (Stephen P. Robbins : 2003).
#Motivasi merupakan serangkaian proses yang membangkitkan (arouse), mengarahkan (direct), dan menjaga (maintain) perilaku manusia menuju pada pencapaian tujuan. Membangkitkan keterkaitan dengan dorongan atau energi di belakang tindakan. Motivasi juga berkepentingan dengan pilihan yang dilakukan orang dan arah perilaku mereka. Sedang perilaku menjaga atau memelihara berapa lama orang akan terus berusaha untuk mencapai tujuan Jerald (Greenberg dan Robert A. Baron : 2003).
           

#Yang dimaksud dengan motivasi adalah daya pendorong yang mengakibatkan seorang anggota organisasi mau dan rela untuk mengerahkan kemampuan dalam bentuk keahlian atau keterampilan tenaga dalamnya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi jawabannya, dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya (Sondang P. Siagian).

#Motivasi  adalakekuatan kecenderungan seorang individu melibatkan diri dalam kegiatan yang berarahkan sasaran dalam pekerjaan. Ini bukan perasaan senang yang relatif terhadap hasil berbagai   pekerjaan  sebagaiman halny kepuasan tetap lebih  merupakan perasaan sedia / rela bekerja untuk mencapai tujuan pekerjaan (Richard  M.  Steers).
#Motivasi adalah perasaan atau keinginan seseorang  yanberada  dan bekerja  pada  kondisi tertentu  untuk  melaksanakan tindakantindakan yang mengutungkan dilihat dari perspektif pribadi dan terutama organisasi (Stanley Vance dalam Sudarwan Danim : 2004).
#Motivasi adalah pemberian daya penggerak  yang  menciptakakegairahakerja  seseorang,  agar  mereka  mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan (Malayu Hasibuan : 1996).
#Motivasi adalah suatu kekuatan yang dihasilkan dari keinginan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya misal: raslapar,  haus,  dan bermasyarakat (Wayne F.Cascio dalam Malayu Hasibuan : 1996).
#Motivasi adalah keseluruhan proses pemberian motivasi kerja kepada bawahan sedemikian rupa sehingga mereka mau bekerja dengan iklas dmi tercapainya tujuan organisasi dengan efisiensi dan ekonomis (Siagian : 1992).
#Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menunjukan prilaku tertentu(French dan Raven :1995).

#Motivasi adalah Kondisi atau energi yang menggerakan diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan ( Anwar Prabu : 2006).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *