Pengertian dan Definisi Birokrasi

Pengertian dan Definisi Birokrasi adalah suatu tipe organisasi yang dirancang untuk menyelesaikan tugas-tugas administratif dalam skala besar dengan cara mengkoordinasi pekerjaan banyak orang secara sistematis (Blau : 2000).

#Birokrasi merupakan struktur organisasi di sektor pemerintahan, yang memiliki ruang lingkup tugas-tugas sangat luas serta memerlukan organisasi besar dengan sumber daya manusia yang besar pula jumlahnyadimana bidrokrasi yang dimaksudkan adalah untuk penyelenggaraan bernegara, penyelenggaraan pemerintahan termasuk di dalamnya penyelenggaraan pelayanan umum dan pembangunan (Kristiadi : 1994).

#Birokrasi adalah organisasi yang ditunjukan untuk memaksimumkan efisiensi dalam administrasi (Sinambela : 2006).

#Birokrasi adalah keseluruhan birokrasi pemerintah, yang menjalankan tugas-tugas negara dalam berbagai unit birokrasi pemerintah di bawah departemen dan lembaga-lembaga non departemen, baik di pusat maupun di daerah, seperti ditingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, maupun desa atau kelurahan (Santoso : 1997).

#Birokrasi adalah merupakan sebuah ruang mesin negara. Di dalam berisi orang-orang (pejabat) yang digaji dan dipekerjakan oleh negara untuk memberikan nasehat dan melaksanakan kebijakan politik negara (Setiyono : 2004).

#Birokrasi adalah pelaksanaan perintah-perintah secara organisatoris yang harus dilaksanakan sedemikian rupa sehingga dan secara atau kantor-kantor (Kartasapoetra : 1994).

#Birokrasi merupakanseluruh jajaran badan-badan eksekutif sipil yang di pimpin oleh pejabat pemerintahan di bawah tingkat menteri(Said : 2007).

#Birokrasi mempunyai tiga arti yaitu: (1) Birokrasi sebagai suatu tipe organisasi. Sebagai suatu tipe organisasi tertentu, birokrasi cocok untuk melaksanakan dan menyelenggarakan suatu macam pekerjaan yang terkait para peraturan-peraturan yang bersifat rutin, artinya volume pekerjaan besar akan tetapi sejenis dan bersifat berulang-ulang, dan pekerjaan yang memerlukan keadilan merata dan stabil, (2) Birokrasi sebagai sistem, yang artinya adalah suatu sistem kerja yang berdasar atas tata hubungan kerja sama antara jabatan-jabatan (pejabat-pejabat) secara langsung kepada persoalannya dan secara formal serta jiwa tanpa pilih kasih atau tanpa pandang bulu, (3) Birokrasi sebagai jiwa kerja, dalam hal ini merupakan jiwa kerja yang kaku, sebabg cara bekerjanya seolah-olah seperti mesin, ditambah lagi dengan disiplin kerja yang ketat dan sedikitpun tidak mau menyimpang dari apa yang diperintahkan atasan atau yang telah ditetapkan oleh peraturan-peraturan (Atmosudirdjo : 1971).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *